SEMIOTIKA PENANDA DAN PETANDA

 Pada dasarnya kata Semiotika memiliki arti sebagai "Tanda". Lalu Semiotika itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Segala macam jenis berupa gambar, tulisan, gerak, suara atau apapun yang memiliki makna itu dapat disebut juga sebagai tanda dan tanda tersebut mencakup hal yang luas tidak ada batasan.


Lalu tanda juga dapat terbentuk dengan adanya dua susunan yaitu Petanda dan Penanda. Sebab tanda merupakan bagian kesatuan dari bentuk Penanda dan juga adanya sebuah ide atau Petanda. Penanda itu sendiri adalah sebuah bentuk dari apa yang dapat dilihat, dirasakan, didengarkan ataupun dibaca. Sedangkan untuk Petanda adalah sebuah gambaran tentang pola ataupun analisa yang dipikirkan. Sehingga kedua hal tersebut dapat menjadi makna.


Contohnya, saya terbangun dari tidur lalu saya melihat dikamar saya ada seekor kucing hitam yang entah dari mana datangnya. kucing tersebut melakukan gerak gerik dengan menggesekan badannya kepintu dan saat saya bukakan pintunya kucing tersebut keluar. Untuk sebuah objek penandanya adalah kucing hitam tersebut. Lalu Petanda yang saya amati adalah kucing tersebut memiliki gesture sedang menggesekan badannya kepintu. Jadi makna yang dapat saya simpulkan kucing tersebut menggesekan badannya ke pintu itu menandakan bahwa kucing tersebut ingin keluar.

Komentar

Postingan Populer